Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif

Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para perusahaan gadged semakin berlomba untuk membuat sebuah inovasi terbaru untuk smartphone nya. Iya, tentu sudah bukan sesuatu yang asing lagi, bahwa hampir dari sebagian besar perusahaan smartphone saat ini telah menggunakan OS Android. Iya bagaimana tidak, OS android dikenal dengan OS terbaik saat ini yang mampu memberikan berbagai inovasi, fitur terbaru dan terbaik.

Iya, tentu bukan rahasia lagi bahwa smartphone android terkenal dengan penggunaan daya baterai yang tidak tahan lama. Bagaimana tidak, banyaknya fitur dan aplikasi didalamnya membuat smartphone android ini memakan banyak daya baterai. Sehingga akan sangat memungkinkan untuk lebih sering men charge baterai.

Lalu bagaimana cara menghemat baterai android secara efektif?? Perlu kita ketahui bahwa untuk menghemat baterai android memang tidaklah mudah. Bahkan tersedianya aplikasi penghemat baterai terbaikpun dirasa tidak bisa bekerja secara maksimal, karena banyaknya faktor yang dapat menguras kekuatan baterai android anda. Terutama pada teknologi layar bawaan android seperti AMOLED dan LCD merupakan salah satu faktor tersebesar yang memakan banyak daya baterai di smartphone android anda.

Untuk itu, disini kami ingin menyajikan beberapa tips dan cara menghemat baterai android secara efektif yang tentunya bisa langsung anda praktekkan pada smartphone android anda. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif

1. Pakailah Wallpaper Hitam

Cara pertama untuk menghemat baterai android adalah dengan cara menggunakan wallpaper berwarna gelap. Pasalnya dengan menggunakan wallpaper berwarna gelam memiliki manfaat yang sangat baik jika digunakan oleh smartphone yang menggunakan teknologi layar AMOLED. Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja.

Iya dari hasil percobaan yang dilakukan oleh Forum XDA Developer adalah kita dapat menghemat sekitar 6% daya baterai/jam pada 20% brightness dengan menggunakan wallpaper berwarna gelap / hitam pada layar AMOLED.

2. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai android kedua adalah dengan cara mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin karena dirasa sangat efektif untuk mengurangi daya pakai baterai untuk menerangi layar, namun sebelumnya pastikan tingkat penyahayaan tersebut tetap membuat anda merasa nyaman saat melihat layar smartphone android anda.

 

Dan perlu kami ingatkan, hindari untuk menggunakan fitur auto brigtness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan pada layar berdasarkan cahaya ambient ruangan. Karena fitur tersebut akan memberikan tingkat kecerahan layar yang lebih dari yang anda butuhkan.

3. Atur Waktu Tidur Android

 

Cara menghemat baterai android yang ketiga adalah dengan cara mengatur waktu tidur android. Waktu tidur yang kami maksud adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan. Idelanya jika layar semakin menyala, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang digunakan.

4. Matikan Fitur Pintar Android

Cara menghemat baterai android yang keempat adalah dengan cara mematikan fitur pintar pada android anda. Maksud dari fitur pintar disini seperti auto rotation (rotasi otomatis), karena fitur ini juga membutuhkan daya yang cukup besar. Kemudian fitur air gesture yang kebanyakan dimiliki oleh smartphone Samsung High End.

Iya, perlu kita akui bahwa fitur tersebut memang bisa memberikan kenyamanan saat digunakan. Namun perlu anda ketahui juga bwaha daya baterai yang digunakan oleh fitur tersebut cukup besar.

5. Matikan getaran dan Umpan Balik

Cara menghemat baterai android yang kelima adalah dengan mematikan getaran yang ada pada smartphone android anda. Iya. mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa dengan mematikan getaran (vibrate) tidak berpengaruh apa untuk menghemat baterai android anda itu salah besar. Pasalnya motor elektrik yang digunakan untuk mengetarkan getaran akan menguras energi yang besar pada pemakaian baterai. Iya semakin sering digunakan maka akan semakin banyak pula energi yang digunakan. Untuk itu anda bisa mematikan getaran untuk bisa lebih menghemat baterai android anda.

6. Gunakan Pemberitahuan Layar Kunci

Cara berikutnya untuk menghemat baterai android adalah dengan cara menggunakan pemberitahuan layar terkunci, terutama jika smartphone anda menggunakan layar AMOLED.

 

Pemberitahuan layar kunci standar bisa anda gunakan pada sistem operasi android Lolipop. Namun jika anda masih menggunakan OS Kitkat atau OS yang lebih tua, anda bisa menggunakan widget layar kunci yang tersedia di Play Store.

7. Matikan GPS, Bluetooth, NFC dan Paket Data

Cara menghemat baterai berikutnya adalah dengan cara mematikan GPS, Bluetooth, NFC dan data android yang tidak digunakan. GPS, NFC, Paket data yang tidak digunakan jika terus terusan diaktifkan, maka fitur tersebut akan terus menerus mencari signal meskipun sebenarnya fitur tersebut tidak digunakan. Iya, proses pencarian signal inilah yang akan menguras energi baterai smartphone android anda yang biasanya juga mengakibatkan smartphone anda menjadi cepat panas.

8. Kurangi Widget

Cara menghemat baterai android lainnya adalah dengan cara mengurangi widget yang tidak dibutuhkan, terutama untuk jenis widget yang terhubung ke internet seperti widget cuaca, dan lainnya. Iya, sebaiknya untuk widget yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya untuk di hapus untuk lebih menghemat daya batarai smatphone android anda.

9. Gunakan Modus Hemat Baterai

Selain itu, cara mengehamt baterai android lainnya adalah dengan menggunakan modus hemat baterai yang tersedia di smartphone android anda. Untuk jenis OS Lolipop anda bisa menggunakan modus hemat baterai (power saver) standart yang akan bekerja jika baterai smatphone android ada dalam keadaan lowbatt. Dengan begitu daya baterai smartphone anda akan bertahan lebih lama.

 

Dan untuk OS Kitkat atau OS yang lebih tua anda juga bisa menggunakan modus hemat baterai dengan mengunduk aplikasi terbaik penghemat baterai di Playu Store. Namun seperti kami bilang diawal, aplikasi ini tidak akan banyak membantu untuk menghebat daya baterai anda.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait cara menghemat baterai android secara efektif dan efisien. Semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah baterai smartphone android anda yang cepat habis. Sekian dari kami semoga bermanfaat.